Pengaruh Gaya Hidup Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Media Sosial Instagram

Nurul Arsita

Abstract


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya hidup dan trend fashion terhadap keputusan pembelian online pada media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan kuisioner. Sampel dari penelitian ini berjumlah 41 responden. Uji statistic dilakukan dengan menggunakan Structurel Equation Modelling berbasis PLS. Uji validitas menggunakan nilai faktor loading, sedangkan uji reliabilitas menggunakan nilai Cronbach’s Alpha, reliabilitas komposit dan Average Variance Extracted (AVE). Ada 3 variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) variabel bebas (X1  dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat, dimana gaya hidup (X1) dan trend fashion (X2) sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil pengolahan data telah ditemukan jawaban  hipotesis dengan kesimpulan sebagai berikut; gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan trend fashion berpengaruh positif signfikan terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: gaya hidup, trend fashion, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

References


Aini, E. N. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 8 (1), 17-27.

Ariyanto, Fajar. (2020). Pengaruh Trend Fashion Dan Pengetahuan Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Kampung Batik Semarang. Diakses dari https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13288/1/Skripsi_1505026164_Fajar_Ariyanto.pdf

Haryanti, Intisari. dkk. (2020). Hedonic Motives and Fashion Trends in Decisions to Purchase Veil Clothes. Altantis Perss, vol. 465.

Kuncoro, M. F. H. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sandal Fipper. Diakses dari https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3139/2/PENDAHULUAN.pdf

Luthfianto, D. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Jalan Korea. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22 (1), 14-25.

Mufidah, E. F., & Wulansari, P. S. D. (2018). Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Pascasarjana di Media Sosial. Jurnal Konseling Indonesia), 3(2), 33-36.

Pera, Peti .(2021). Dampak Tren Fashion Terhadap Konsep Diri Remaja Desa Penandingan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat. Diakses dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/6664/

Priansa & Jonni Juni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontenporer. Bandung: Alfabet.

Rahma, Aulia & Yulianti A. L. (2019). Pengaruh Store Atmospere Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Departement Store. Vol 6, No 3

.

Rahmadika, N. A. dkk. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jeans Levis’s (Studi Pada Mahasiswa aktif DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4 (2).

Rahmah, Hadaita. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sophie Martin (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya). Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/34496/2/Hadaita%20Rahmah_G73215035.pdf

Sari, Dian Novita dkk. (2018) Pengaruh Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wanita Butik Ria Miranda Cabang Malang) Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Sari, Purwati Melia. dkk. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U. Jurnal Enterpreneur dan Bisnis (JEBI), 1(2), 122-129.

Tyawara, Baruna. dkk. (2017). Pemaknaan Terhadap Fashion Style Remaja Di Bandung. Jurnal Komunikasi, 8 (3) 293-297.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v7i2.1390

Article Metrics

Abstract view : 7774 times
PDF : 7420 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License