Job Safety Analysis (JSA) Sebagai Upaya Pengendalian Resiko Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Fabrication Dd PT. Wilmar Nabati Indonesia

Muhammad Dafa Pratama Rahman, Efta Dhartikasari Priyana, Akhmad Wasiur Rizqi

Abstract


PT. Wilmar Nabati Indonesia adalah PT yang bergerak dibidang industri pengolahan minyak kelapa sawit. Di perusahaan tersebut banyak kecelakaan kerja yang terjadi pada para pekerja. Menurut data yang tertera ditahun 2022 dalam pekerjaan fabrication kecelakaan terbanyak adalah tentang kelalaian para pekerja di PT. Wilmar Nabati Indonesia yaitu dalam pengerjaan atau proses cutting dari tersayat sampai sobek sehingga dilakukan penelitian ini oleh penulis untuk mengurangi dan meminimalisir kecelakaan para pekerja yang berada di fabrication. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur kecelakaan pada setiap kegiatan yang berada PT. Wilmar Nabati Indonesia. Pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung tingkat kegagalan, lalu menentukan efektifitas yang harus diambil dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA). Hasil penilaian risiko pada masing-masing pekerjaan terdapat satu level risiko yang tertinggi yaitu di bagian drilling dengan nilai likelihood 3 dan severity 4. Dari Hasil pengendalian risiko pada proses fabrikasi dapat dilakukan dengan cara pengendalian teknis (memperbaiki atau menambah suatu sarana atau peralatan teknis seperti penambahan rambu-rambu K3), pengendalian administratif (pengendalian risiko dengan membuat suatu peraturan, prosedur, instruksi kerja yang lebih aman atau pemeriksaan kesehatan), dan penggunaan alat pelindung diri. Usulan perbaikan yang dapat diberikan adalah menambahkan beberapa alat pelindung diri yang sesuai dengan pekerjaan di fabrication yaitu menggunakan sarung tangan, memakai face shield, fireblanket, apron dan juga kap las dan lain-lain.

Keywords


Fabrication; JSA; Kecelakaan Kerja

References


Buntarto. 2015. Panduan Praktis Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk Industri. Pustaka Baru Press. Yogyakarta

Canadian Center for Occupational Health and Safety. dalam www. ccohs.ca . diakses pada periode desember 2019.

DEPARTMENT OF HEALTH AND HUMAN SERVICES Centers for Disease Control and Prevention National Institute for Occupational Safety and Health/ NIOSH. Dalam www.cdc.gov. diakses pada periode desember 2019.

OSHA 3071. 2002. Job Hazard Analysis. U.S. Department Labor

OHSAS Project Group. 2007. Occupational Health and Safety Management Systems-Requirements OHSAS 18001. OHSAS Project Group

Ramli, Soehatman. 2014. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Dian Rakyat. Jakarta

Suardi, Rudi. 2007. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta : Argya Putra. [8] Lintas Solusi Prima, 2008. Job Safety Analysis. Jakarta.

Tarwaka, 2008. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Manajemen dan Implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta : Harapan Offset.

Susilo, J leo. Kaho, Riwu Victori. 2018. Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000. Jakarta : PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v7i2.1947

Article Metrics

Abstract view : 821 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1843 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License